Oleh: arkeologibawahair | 28 September 2010

Michael Hatcher, Sang Pemburu Harta Karun Itu Dicekal

Tempointeraktif.com, Jumat, 30 April 2010 – Kepolisian Republik Indonesia telah mencekal Michael Hatcher, pemburu harta karun yang telah lama beroperasi di Indonesia. “Kami sudah lakukan pencekalan. Itu antisipasi yang kami lakukan,” kata Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri, Komisaris Jenderal Ito Sumardi, Jumat (30/4).

Michael Hatcher, lelaki kelahiran Inggris, 70 tahun lalu adalah seorang petualang. Saat usianya menginjak 14 tahun, dia hijrah ke Australia.

Pada 1985-1986, Hatcher berhasil mengangkat kapal Geldermasen milik VOC di Karang Heliputan, Tanjung Pinang. Dari kapal itu, Hatcher mendapatkan 1ef emas batangan dan 160 ribu benda dinasti Ming dan Ching. Nilainya tidak kurang dari US$ 15 juta saat itu.

Hatcher juga pernah mengangkat kapal Tek Sing di Perairan Kepulauan Banka pada 1999 lalu. Nilainya mencapai Rp 500 miliar.

Kini Hatcher diduga muncul kembali di perairan Blanakan, Subang. Jika benar, ini akan menjadi rekor selama karirnya. Sebab, diperkirakan porselen Dinasti Ming nilainya mencapai US$ 200 juta.

Karena prestasi perburuan itu, dunia menjuluki Hatcher ‘The Wreck Salvage King’ atau Raja Penyelamat Kapal Karam.

Menurut Ito, polisi sedang menyelidiki kasus ini. Saat ditanya mengapa baru saat ini, Ito menjawab, “Kami kan baru dapat laporan.”

Karena perbuatannya itu, Hatcher dianggap melanggar Undang-Undang Cagar Budaya.

SUTJI DECILYA

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori