Oleh: arkeologibawahair | 1 Oktober 2010

Kembudpar Belum Ratifikasi Konvensi Warisan Budaya Bawah Air

Jakarta, 4/8/2010 (Kominfo-Newsroom) – Direktur Jenderal Sejarah dan Purbakala Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Hari Untoro Drajat menegaskan pemerintah belum akan melakukan ratifikasi konvensi internasional perlindungan warisan budaya bawah air. Pasalnya, belum siap melindungi dan menjaga laut Indonesia yang demikian luas.

“Karena laut kita yang ada pulau-pulaunya yang seharusnya laut keseluruhan dan masih ada gambaran benda yang ditemukan demikian banyaknya,” katanya kepada wartawan usai membuka pameran warisan budaya bawah air, di Museum Gajah Jakarta, Rabu (4/8).

Menurutnya, perlu dilakukan perimbangan secara fair terkait benda yang yang ditemukan sekian banyak untuk nilai penting konsekuennya biar masuk negara dengan seleksi. Tapi, dengan jumlah banyak itulah yang perlu pertimbangan, butuh pendanaan dan pengembangan metodologi. Laut dalam tidak bisa dikelola sendiri, butuh alat teknologi tinggi di dasar laut.

“Kalau saya jadi penyelam kemampuan hanya 40 meter karena temuan-temuan di bawah laut itu sebagian besar di bawah 40 meter, yang masih bisa peralatan tabung hanya bekerja lima menit di bawah laut. Jadi harus ada teknologi tinggi,” jelasnya.

Meski ada usaha-usaha dari nelayan yang mencoba mengangkat dan mengambil barang-barang tersebut, ini merupakan konsekuensi juga untuk melindungi nelayan sehingga tidak terjadi seperti itu. “Jadi ke depan belum melakukan ratifikasi konvensi dalam waktu dekat kecuali ada masukan dan dari UU dikunci tidak pergunakan untuk lewat,” katanya.

Paling tidak, lanjutnya, dengan jumlah banyak dari temuan warisan budaya bawah air ini bisa tukar-menukar dengan negara lain, seperti dengan China. Supaya mereka siap mendirikan museum, ujarnya. (Yr/dry)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori