Oleh: arkeologibawahair | 1 Oktober 2010

Sentuh Warisan Budaya Bawah Air

Kompas.com, Rabu, 4 Agustus 2010 – Penasaran menyentuh benda warisan budaya? Rabu (4/8/2010) Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata membuka pameran warisan budaya bawah air di Museum Nasional, Jakarta, yang memungkinkan pengunjung menyentuh langsung benda warisan budaya tersebut.

Salah satu benda yang dapat disentuh adalah keramik China yang ditemukan di situs Cirebon. Selain itu, pengunjung juga dapat menyaksikan artefak dari kapal tenggelam koleksi negara yang sebelumnya tidak dipublikasikan.

Dalam pameran yang digelar 4-15 Agustus tersebut terpampang informasi penting mengenai situs warisan budaya bawah air. Terdapat peta beberapa situs yang mengandung warisan budaya dari masa berbeda seperti situs Intan yang menyimpan benda abad 10 Masehi, situs Cirebon (10 M), situs Gelasa dan situs Karang Heliputan (14-17 M), situs Batu Hitam (6-9 M), serta teluk Sumpat (13-14 M).

Pameran yang dirancang secara interaktif tersebut juga memungkinkan pengunjung menyalurkan pendapatnya mengenai setuju atau tidaknya jika warisan budaya bawah air dilelang dengan menuliskannya di selembar kertas warna yang digantungkan di dinding.

Berdasarkan pengamatan Kompas.com, sebagian besar kertas warna yang tergantung bertuliskan ketidaksetujuan pengunjung jika warisan budaya bawah air dilelang. Pengangkatan dan pelelangan warisan budaya bawah air tersebut memang mengundang pro dan kontra. Dirjen Sejarah dan Purbakala Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata, Hari Utomo Drajat dalam pembukaan pameran, Rabu, mengatakan bahwa pemerintah masih mengijinkan pelelangan benda sejarah tersebut.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori