Oleh: arkeologibawahair | 17 Oktober 2010

Survei Peninggalan Bawah Air di Pulau Pongok, Bangka

jelajahsitus.blogspot.com – Survei peninggalan bawah air dilaksanakan pada 22 s.d 29 Oktober 2008. Kegiatan ini pertama kali dilakukan oleh BP3 Jambi di perairan Bangka-Belitung dengan mengundang tenaga bawah air dari Direktorat Peninggalan Bawah Air Jakarta, Balai Arkeologi Pelembang, dan BP3 Batusangkar.

Lokasi survei yang berada di sebelah Barat Pulau Pongok, berjarak sekitar 1 km, berhasil mendata dua buah kapal tenggelam yang letaknya tidak berjauhan pada kedalaman 18-20 meter.

Kapal pertama berada di dekat karang yang bernama Batu mandi sehingga dinamakan Situs Batumandi. Kapal terbuat dari besi dengan kondisi sebagian besar telah rusak. Bagian yang tampak masih utuh adalah bagian haluan dan lambung sebelah kiri. Sedangkan bagian yang telah rusak adalah dek, bagian buritan, dan bagian lambung kanan. Bagian lambung kanan rusak parah karena bagian tersebut pernah menghantam karang. Pada lokasi ini dijumpai pula tiang yang cukup besar dan panjang. Selain itu ditemukan bongkahan batu bara. Orientasi kapal ke arah Timur Laut.

Kapal kedua berada di sebelah Barat dari kapal pertama berjarak 200 meter. Posisi kapal dalam kondisi tertelungkup. Sebuah tiang yang besar dan panjang juga dijumpai pada kapal ini. Kapal terbelah di bagian tengah. Sebagian besar bagian kapal yang terbuat dari besi masih utuh, kecuali bagian buritan yang telah terpotong-potong. Dipastikan karena adanya pengambilan besi kapal secara liar. Orientasi kapal ke arah Timur Laut. Lokasi kapal dinamakan Situs Karanglucan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori