Oleh: arkeologibawahair | 17 November 2010

Sejumlah Bangkai Kapal Kuno Ditemukan di Oslo

Koleksi bangkai kapal terbesar yang pernah ada di Norwegia telah ditemukan di bawah lumpur di lokasi konstruksi terowongan jalan raya baru, ungkap arkeolog yang memimpin proyek tersebut, Jumat.

Jostein Gundersen menyebutkan, setidaknya sembilan perahu kayu, termasuk perahu terbesar dengan panjang 17 meter, ditemukan dalam kondisi awet hampir 400 tahun usai tenggelam di Bjoervika, sebuah teluk kecil Oslo dekat gedung opera nasional yang baru.

“Bagi kami, ini merupakan sebuah sensasi,” katanya kepada The Associated Press. “Sebelumnya, belum pernah ditemukan kapal sebanyak ini dengan kondisi baik di satu lokasi di Norwegia.”

Puing-puing kapal tersebut terawetkan dengan baik karena mereka ditemukan di dalam lumpur dan air tawar, di mana air sungai mengalir ke laut, katanya.

“Kami memiliki peluang yang baik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai teknik pembuatan kapal dan pelabuhan tua,” kata Gundersen dari Museum Maritim Norwegia di Oslo.

Ia menyebutkan, bangkai kapal tersebut diyakini tenggelam setelah kebakaran besar menyapu bangunan-bangunan kayu di Oslo kuno pada 1624. Usai bencana tersebut, Raja Kristian IV memerintahkan agar dipindahkan sebelum rekonstruksi dimulai.

Penemuan perahu-perahu itu sebelumnya ditambatkan di pelabuhan tua yang kemudian menjadi kawasan terpencil usai kota dipindahkan. Ia menyebutkan, perahu-perahu itu diduga telah berusia 30 atau 40 tahun sebelum tenggelam.

“Tidak ada indikasi bahwa kapal-kapal itu sengaja ditenggelamkan,” papar Gundersen. “Kapal-kapal tersebut diduga tenggelam satu persatu, mungkin karena tidak ditambatkan dengan benar atau buruknya perawatan, atau mungkin juga tenggelam akibat badai.

Ia menyebutkan, bangkai-bangkai kapal itu akan dipindahkan secepat mungkin, sehingga pembangunan terowongan bawah laut tersebut dapat dilanjutkan. Mungkin butuh bertahun-tahun untuk menyelidiki seluruh bangkai kapal itu di museum, katanya.

Menurut Gundersen, temuan tersebut akan membantu mengisi kekosongan informasi tentang kapal Viking Norwegia antara 1.000 tahun lalu dan kapal-kapal yang lebih modern.

(global.com)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori