Oleh: arkeologibawahair | 12 Desember 2010

Tim Arkeolog Teliti Situs Bawah Laut Rembang

suaramerdeka.com – Tim arkeolog dari Balai Arkeologi Yogyakarta sejak Kamis (8/4) hingga tanggal 10 April nanti tengah mengadakan penelitian peninggalan bawah laut di lepas pantai Rembang.

Tim itu rencananya akan meneliti beberapa situs bawah laut di Rembang yang diduga merupakan kapal perang peninggalan Perang Dunia II.

Kapolres Rembang AKBP Drs Susilo Teguh Rahardjo MSi melalui Kasat Polair Polres Rembang AKP Edi Suharsono Kamis mengakui adanya aktifitas penelitian peninggalan bawah laut di lepas pantai Rembang. Dia juga mengatakan Polair bersama TNI AL dan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) turut mengawal pelaksanaan penelitian itu.

“Memang ada aktifitas penelitian peninggalan bawah laut yang dilakukan oleh tim arkeologi Balai Arkeologi Yogyakarta. Kami hanya sebatas melakukan pengawalan saja,” terang dia.

Tim sendiri katanya melakukan aktifitas penelitian sekitar tiga jam perjalanan laut dari pantai Tasik Agung Rembang. “Mengenai hasil penelitian itu, kami juga kurang paham. Namun aktifitas penelitian itu akan dilanjutkan hingga tanggal 10 Maret mendatang,” jelas dia.

Di sepanjang laut Rembang memang banyak ditemukan peninggalan lama khususnya kapal sisa perang dunia kedua. Terbukti, pada bulan November 2006 silam, 16 orang penjarah yang akhirnya ditangkap oleh aparat Polres Rembang. Dari tangan penjarah itu, aparat menemukan barang bukti berupa 64 peluru meriam kaliber 37 yang masih aktif, tiga proyektil, dan sembilan selongsong peluru serta sejumlah besi bekas kerangka kapal.

Menurut beberapa nelayan, di atas permukaan air lokasi yang diselami oleh penjarah itu pada beberapa tahun lalu masih terlihat jelas bangkai kapal perang. “Namun sekarang sudah sulit dilihat. Mungkin karena kapal itu sudah tertutup lumpur yang sangat dalam,” kata Wawan, salah satu warga Tasikagung.

( Mulyanto Ari Wibowo /CN13 )


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori