Oleh: arkeologibawahair | 16 Desember 2010

Balar Yogya Gandeng Ahli Kapal Kuno dan Konservator

regional.kompas.com, Selasa, 12 Agustus 2008 – Balai Arkeologi atau Balar Yogyakarta menggandeng ahli kapal kuno dari Balar Medan dan konservator Balai Konservasi Borobudur untuk meneliti perahu kuno di Desa Punjulharjo, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang. Peran kedua ahli itu sangat penting untuk mengidentifikasikan sejarah dan bentuk asli perahu kuno.

Arkeolog Balar Yogyakarta, Gunadi, Senin (11/8), mengatakan, Balar Yogyakarta meminta Lukas Pertanda Kustoro, ahli kapal kuno sekaligus Kepala Balar Medan untuk terlibat dalam penelitian perahu kuno.

“Dia kompeten menentukan sejarah, fungsi, dan jenis perahu, sehingga dapat memperkaya hasil identifikasi perahu kuno di Desa Punjulharjo,” katanya.

Gunadi mengemukakan, Lukas akan bekerja sama dengan Balai Konservasi Borobudur untuk merancang kembali bentuk asli perahu. Penentuan bentuk perahu itu, semakin memudahkan penentuan jenis dan fungsi perahu.

Balar Yogyakarta juga menggandeng sejarawan dari Universitas Diponegoro dan geomorfolog Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Mereka bertugas menelusuri sejarah perahu dan perubahan garis pantai yang dapat menjadi salah satu penentu umur perahu selain dengan uji karbon atau C14.

“Kini, tim penelitian dari disiplin ilmu masih dibentuk. Tim yang dikoordinasi Balar Yogya itu akan berkumpul untuk membuat proposal penelitian dan mengajukannya kepada Bupati Rembang,” kata Gunadi.

Bupati Rembang Moch Salim berencana mengembangkan kawasan penemuan perahu itu menjadi daerah wisata sejarah bahari. Untuk itu, perlu penelitian perahu dengan melibatkan sejumlah ahli dari berbagai disiplin ilmu.

“Kami membahas alokasi pendanaan penelitian perahu itu. Pada prinsipnya, pemerintah siap memfasilitasinya,” kata Salim.

Kepala Desa Punjulharjo Nur Salim mengatakan, pemerintah desa menyiapkan lokasi penemuan perahu untuk penelitian. Lokasi itu diberi cungkup, sehingga perahu tidak kepanasan dan kehujanan serta dijaga 24 jam. (Hen)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori