Oleh: arkeologibawahair | 16 Desember 2010

Kapal Kuno Segera Diangkat dari Perairan Cyprus

regional.kompas.com, Jumat, 25 Januari 2008 – Sebuah kapal kuno berusia 2300 tahun yang karam di perairan Cyprus akan segera diangkat. Kapal tersebut diperkirakan kapal dagang yang karam saat mengangkut minuman anggur.

Stella Demesticha, seorang arkeolog dari Universitas Cyprus, mengatakan kapal yang berasal dari abad keempat sebelum Masehi itu masih terjaga dengan baik. Barang-barang yang tertinggal di dalam kapal diharapkan dapat mengungkap lebih dalam sejarah ekonomi dan pelayaran pada periode keemasan Mediterania bagian timur.

Survei awal sudah dilakukan sebelum proses pengangkatan dilakukan. Foto-foto bawah permukaan yang diambil November 2007 lalu memperlihatkan lusinan amphoree masih utuh di bagian bawah kapal. Amphoree merupakan guci-guci dari tanah liat yang dipakai untuk menyimpan minuman dan komoditi berbentuk cair pada masa itu.

Kapal ini diperkirakan sedang dipakai untuk mengngakut anggur dari Pulau Chios di Yunani. Sebab, amphoree yang ditemukan bersamanya mirip dengan guci-guci yang dipakai untuk menyimpan anggur di Chios saat ini. Namun, kapal tersebut mungkin juga membawa komoditi dagang lainnya.

Para arkeolog yakin, bagian badan kapal yang terbuat dari kayu telah terpendam di dalam pasir di dasar laut. Usaha pengangkatan kapal relatif akan lebih mudah karena kapal tersebut karam di kedalaman 144 meter yang masih terjangkau penyelam. Mereka akan memulai proses pengangkatan mulai Juni 2008.(AP/WAH)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori