Oleh: arkeologibawahair | 22 November 2011

Dihentikan, Usai Kerja Sebulan

Ket. Foto: Warga mencoba melihat kualitas kayu yang sudah mulai lapuk, dari bangkai kapal kuno.

Lasem – Kelompok penyelam berhasil menemukan sebuah bagian kapal yang diduga peninggalan zaman Jepang, di tengah sungai desa Dasun Kec. Lasem. Mereka yang merupakan gabungan warga asal Juana Pati dan dusun Layur desa Gedongmulyo Kec. Lasem ini, sebelumnya bekerja selama sebulan terakhir, ingin mengumpulkan kayu dari kapal kuno tersebut.

Kapal panjangnya sekira 36 meter dan sudah terpendam ke dasar sungai sedalam 10 meter, sehingga pekerja harus bersusah payah menarik. Itupun yang terlihat hanya sebagian saja. Masyarakat sekitar langsung berdatangan ingin menonton.

Warga Dasun, Hartono mengatakan ia biasa mencari tiram di sepanjang aliran sungai Bagan. Sedikitnya ada 5 titik kapal kuno tenggelam dan nyaris tidak terlihat lagi, hal itu berdasarkan cerita turun temurun dari para sesepuh.

Carito, warga lainnya mengatakan sudah lama mengetahui bangkai kapal yang terpendam. Saat ada penggalian, mereka enggan turut campur, karena tak paham apakah benda itu termasuk cagar budaya atau tidak. Menurut Carito akan lebih baik apabila bangkai kapal diangkat dari dasar sungai, karena bisa saja memperparah banjir saat puncak musim penghujan nanti.

Petugas kepolisian sudah mendatangi lokasi temuan bangkai kapal kuno. Kapolsek Lasem AKP Isnaeni mengutarakan pihaknya meminta penggalian dihentikan dulu, sembari menunggu konfirmasi instansi terkait. Memang barang tersebut tidak bertuan, tetapi kalau diambil tanpa kendali, dikhawatirkan mengancam keberadaan peninggalan sejarah.

Sejumlah peneliti sejarah memperkirakan bangkai kapal di aliran sungai Dasun berlayar pada era tahun 1.800 an. Waktu itu pernah ada pelabuhan Dasun yang menjadi pusat perekonomian para pedagang dari berbagai negara. Bahkan lokasi tersebut juga sangat terkenal untuk penggalangan kapal.

(Sumber: klik di sini)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori