Oleh: arkeologibawahair | 10 Desember 2011

Perendaman Situs Perahu Kuno Molor

Punjulharjo.blogspot.com

mediaindonesia.com, Selasa, 25 Oktober 2011 – Perendaman situs perahu kuno di Desa Punjulharjo, Kecamatan Kota Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, dengan cairan kimia jenis “polietilen glikol” belum bisa dilakukan karena masih menunggu hasil laboratorium.

“Sampel material perahu masih diuji di laboratorium kimia dan konservasi milik Balai Konservasi Peninggalan Borobudur, dan sampai sekarang masih belum bisa disebutkan kapan pengujian berakhir,” kata Ketua Masyarakat Sejarawan Indonesia Kabupaten Rembang Edi Winarno di Rembang, Selasa (25/10).

Ia mengemukakan, pengujian di laboratorium kimia dan konservasi dilakukan untuk menganalisis sampel material perahu (kayu), dan perlakuannya ketika direndam polietilen glikol serta derajat kelembaban yang harus dipertahankan.

“Dalam pengujian itu akan diketahui tentang prosedur perendaman situs perahu kuno yang benar, termasuk pengendalian suhu udara sekitar situs. Namun, sejauh ini, hasil pengujian masih belum bisa diketahui dan belum bisa dipastikan selesai pada akhir 2011,” kata dia.

Menurut Edi, perendaman situs perahu kuno belum akan dilakukan selagi hasil laboratorium belum diketahui, dan Balai Konservasi Peninggalan Borobudur sudah berjanji akan menginformasikan kepada pihaknya sebagai mitra apabila hasil pengujian sudah selesai. (Ant/OL-9)


Responses

  1. kemungkinan itu perahu sie bah


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori