Oleh: arkeologibawahair | 18 Januari 2011

Teknologi Maritim Indonesia Lebih Baik dari Viking

Perairan Indonesia menyimpan banyak harta karun. Pengamat mengatakan bahwa peninggalan-peninggalan itu menunjukkan teknologi maritim Indonesia lebih baik dari Viking.

inilah.com, Minggu, 19 Desember 2010 – “Teknologi maritim Indonesia waktu itu, jauh mendahului teknolgi bangsa lain bahkan bangsa Viking,” tandas sejarawan Radar Panca Dahana. Diperkirakan, terdapat ribuan kapal tenggelam di perairan Indonesia.

“Kita masih akan mendengar penemuan-penemuan mengejutkan lainnya,” ujarnya. Menurut pria yang akrab disapa Radar ini, harta karun bawah laut itu penting bagi pelajaran sejarah bangsa Indonesia.

Bagi generasi muda, sejarah dapat menjadi inspirasi mengenai kebudayaan-kebudayaan terdahulu. “Maskapai-maskapai pelayaran kita merupakan perusahaan atau jasa yang paling dominan di dunia dalam mengalirkan perdagangan antara timur dan barat”.

Kemunculan kapal harta karun di Mentawai merupakan salah satu buktinya. Temuan itu membuktikan adanya satu perdagangan intensif antara nusantara dengan dunia luar.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori